26 Maret 2012

Iklan Google Adsense Sering Tidak Muncul

Setelah mengikuti program iklan Google Adsense selama lebih kurang 2 tahun, dari era Google Adsense belum mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia sampai sekarang yang sudah resmi mendukung blog dan situs berbahasa Indonesia, saya perhatikan iklan Google Adsense sering tidak muncul.

Jika dulu saya berpendapat bahwa iklan Google Adsense sering tidak muncul di blog saya yang berbahasa Inggris lebih dikarenakan asal kota dan negara pengunjungnya adalah berasal dari Indonesia, tetapi setelah Google Adsense resmi mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia sejak awal Februari 2012 lalu, yang mana langsung saya terapkan di blog saya yang berbahasa Indonesia, termasuk Sentra Blogger ini, saya perhatikan ternyata iklan Google Adsense juga sering tidak muncul di blog saya yang berbahasa Indonesia tersebut.

Apakah ini dikarenakan advertiser alias pemasang iklan dari Indonesia masih sedikit jumlahnya sehingga iklan Google Adsense sering tidak muncul atau ada penyebab yang lain. Dugaan saya tetap asal kota dan negara berdasarkan IP si pengunjung. Jadi saya melakukan sedikit "penelitian dan pengamatan" untuk membuktikan dugaan saya ini.

Fokus pengamatannya sederhana saja, yakni memantau asal kota dan negara pengunjung seperti dugaan saya sebelumnya. Karena blog-blog saya dipasang "widget" Live Traffic Feed, jadi saya dengan mudah bisa memantau asal kota dan negara dari pengunjung blog, termasuk jika saya sendiri yang mengaksesnya. Kebetulan saya berdomisili di luar Pulau Jawa dan saya menggunakan koneksi internet Telkom Speedy dan Telkomsel Flash. Jadi obyek pengamatan si pengunjung blog adalah saya sendiri dengan menggunakan koneksi internet Telkom Speedy dan Telkomsel sebagai perbandingan.

Untuk koneksi internet dengan menggunakan Telkom Speedy, nama kota yang terpantau di "widget" Live Traffic Feed adalah nama kota di mana Telkom Speedy saya terdaftar, sementara jika menggunakan Telkomsel Flash, nama kota yang sering muncul berdasarkan "widget" Live Traffic Feed adalah Jakarta atau nama kota lain di Pulau Jawa atau nama Indonesia saja. Nah, ternyata jika menggunakan koneksi internet Telkom Speedy-lah iklan Google Adsense ini sering kosong alias tidak muncul, baik di blog berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris. Berarti dugaan saya terbukti benar, asal kota dan negara pengunjung blog ternyata juga menentukan frekuensi kemunculan iklan Google Adsense.

Jadi sementara ini bisa disimpulkan bahwa target utama iklan Google Adsense, baik yang berbahasa Indonesia maupun asing, masih menyasar daerah-daerah di Pulau Jawa, terutama ibu kota DKI Jakarta, karena potensi populasi penduduknya yang sangat besar. Ini juga bisa dikarenakan advertiser alias pemasang iklan di Google Adsense Indonesia sebagian besar masih berbasis di Pulau Jawa, terutama ibu kota DKI Jakarta.

Mungkin kelak jika pemasang iklan Google Adsense Indonesia sudah merata dan tersebar dari berbagai daerah dan pulau di Indonesia, iklan Google Adsense dengan sendirinya akan lebih sering muncul di blog-blog dan situs berbahasa Indonesia, tidak tergantung lagi dari mana asal kota si pengunjung blog atau situs.

Faktor lainnya di luar yang diutarakan di atas bisa disebabkan tema blog dan "keyword" yang ada di blog yang bersangkutan masih sedikit pengiklannya sehingga iklan Google Adsense sering tidak muncul di blog tersebut.

Hanya opini pribadi saja...
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!