Setelah mengikuti program iklan Google Adsense selama lebih kurang 2 tahun, dari era Google Adsense belum mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia sampai sekarang yang sudah resmi mendukung blog dan situs berbahasa Indonesia, saya perhatikan iklan Google Adsense sering tidak muncul.

Jika dulu saya berpendapat bahwa iklan Google Adsense sering tidak muncul di blog saya yang berbahasa Inggris lebih dikarenakan asal kota dan negara pengunjungnya adalah berasal dari Indonesia, tetapi setelah Google Adsense resmi mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia sejak awal Februari 2012 lalu, yang mana langsung saya terapkan di blog saya yang berbahasa Indonesia, termasuk Sentra Blogger ini, saya perhatikan ternyata iklan Google Adsense juga sering tidak muncul di blog saya yang berbahasa Indonesia tersebut.

Apakah ini dikarenakan advertiser alias pemasang iklan dari Indonesia masih sedikit jumlahnya sehingga iklan Google Adsense sering tidak muncul atau ada penyebab yang lain. Dugaan saya tetap asal kota dan negara berdasarkan IP si pengunjung. Jadi saya melakukan sedikit "penelitian dan pengamatan" untuk membuktikan dugaan saya ini.

Fokus pengamatannya sederhana saja, yakni memantau asal kota dan negara pengunjung seperti dugaan saya sebelumnya. Karena blog-blog saya dipasang "widget" Live Traffic Feed, jadi saya dengan mudah bisa memantau asal kota dan negara dari pengunjung blog, termasuk jika saya sendiri yang mengaksesnya. Kebetulan saya berdomisili di luar Pulau Jawa dan saya menggunakan koneksi internet Telkom Speedy dan Telkomsel Flash. Jadi obyek pengamatan si pengunjung blog adalah saya sendiri dengan menggunakan koneksi internet Telkom Speedy dan Telkomsel sebagai perbandingan.

Untuk koneksi internet dengan menggunakan Telkom Speedy, nama kota yang terpantau di "widget" Live Traffic Feed adalah nama kota di mana Telkom Speedy saya terdaftar, sementara jika menggunakan Telkomsel Flash, nama kota yang sering muncul berdasarkan "widget" Live Traffic Feed adalah Jakarta atau nama kota lain di Pulau Jawa atau nama Indonesia saja. Nah, ternyata jika menggunakan koneksi internet Telkom Speedy-lah iklan Google Adsense ini sering kosong alias tidak muncul, baik di blog berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris. Berarti dugaan saya terbukti benar, asal kota dan negara pengunjung blog ternyata juga menentukan frekuensi kemunculan iklan Google Adsense.

Jadi sementara ini bisa disimpulkan bahwa target utama iklan Google Adsense, baik yang berbahasa Indonesia maupun asing, masih menyasar daerah-daerah di Pulau Jawa, terutama ibu kota DKI Jakarta, karena potensi populasi penduduknya yang sangat besar. Ini juga bisa dikarenakan advertiser alias pemasang iklan di Google Adsense Indonesia sebagian besar masih berbasis di Pulau Jawa, terutama ibu kota DKI Jakarta.

Mungkin kelak jika pemasang iklan Google Adsense Indonesia sudah merata dan tersebar dari berbagai daerah dan pulau di Indonesia, iklan Google Adsense dengan sendirinya akan lebih sering muncul di blog-blog dan situs berbahasa Indonesia, tidak tergantung lagi dari mana asal kota si pengunjung blog atau situs.

Faktor lainnya di luar yang diutarakan di atas bisa disebabkan tema blog dan "keyword" yang ada di blog yang bersangkutan masih sedikit pengiklannya sehingga iklan Google Adsense sering tidak muncul di blog tersebut.

Hanya opini pribadi saja...


Baca artikel ini selengkapnya......

Bagi Anda yang sudah menggunakan "Interface" terbaru Blogger, fitur untuk membuat potongan artikel yang popular kita kenal dengan "Read More" sudah disediakan langsung oleh Blogger.

Untuk memotong artikel yang akan diposting, sekarang sangat mudah dan simpel tanpa perlu menempatkan kode-kode HTML tertentu di bagian HTML Design blog kita seperti di postingan artikel sebelumnya.

Ada dua cara yang bisa kita gunakan. Cara pertama adalah jika pengetikan artikel blog dilakukan dalam mode "Compose". Setelah artikel selesai diketik, cukup dengan menempatkan pointer/kursor mouse komputer Anda di akhir kalimat dari artikel yang ingin dipotong, kemudian klik ikon "Jump Break", publikasikan artikel tersebut. Selesai.
Sedangkan cara kedua adalah jika pengetikan artikel dilakukan dalam mode "Edit Html". Caranya hampir sama seperti cara di atas, cuma di akhir kalimat dari artikel yang ingin dipotong, kita cukup tambahkan kode <!--more--> , publikasikan artikel tersebut. Selesai.

Terasa jauh lebih nyaman dan simpel ya.


Baca artikel ini selengkapnya......

Domain CO.CC Kembali Masuk Indeks Google

Posted by Pierre Will | Wednesday, March 14, 2012 | | 0 comments »

Setelah hampir setengah tahun dikeluarkan dari halaman hasil pencarian Google, ternyata domain CO.CC sudah kembali masuk indeks hasil pencarian Google sejak awal Desember 2011. Artinya semua blog dan situs yang menggunakan custom domain di CO.CC bisa ditemukan kembali di halaman hasil pencarian Google. Coba ketikkan kata "site:co.cc" di mesin pencari Google, maka akan muncul sekitar 242.000.000 entri hasil pencariannya.

Ini tentunya merupakan kabar gembira karena blogger-blogger bisa kembali menggunakan CO.CC untuk custom domain blog mereka secara gratis. Tetapi sekaligus muncul pertanyaan dan rasa was-was, bisa berlangsung berapa lama CO.CC ini kembali diindeks Google, karena memang tidak ada jaminan bahwa Google, Si Penguasa Dunia Internet ini, tidak akan mem-banned kembali CO.CC di kemudian hari. Itulah risikonya jika memakai yang namanya serba gratis.

Sebenarnya saya juga lebih suka memakai custom domain di CO.CC karena alamat blog kita bisa diperpendek. Tapi kalau kita sudah bersusah payah membangun suatu blog misal dengan custom domain CO.CC, terus kemudian kejadian banned massal Google kembali terulang, bisa dibayangkan bagaimana perasaan sebal, marah, kesal, kecewa, sedih yang bakal muncul.

Jadi pilihan ada di tangan blogger semua, mau kembali custom domain gratis di CO.CC agar alamat blog menjadi lebih singkat dan "keren" tapi dengan risiko banned massal Google kembali terulang, atau tetap setia menggunakan akhiran domain "blogspot.com".

Saya jadi berandai-andai, kalau "blogspot.com" bisa dipersingkat, misalnya menjadi "blog.com" bukankah akan terlihat lebih simpel dan bagus ya.


Baca artikel ini selengkapnya......

Ada berita gembira dari program iklan PPC Google Adsense. Setelah sekian lama menunggu, Google Adsense akhirnya resmi mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia sejak tanggal 1 Februari 2012. Berita ini diumumkan di blog resmi Google Adsense, "Inside Adsense Blog", dengan judul berita "Adsense now speaks Indonesian". Hal ini tentunya menjadi kado tahun baru 2012 yang sangat berarti dan istimewa untuk para blogger dan pemilik situs di tanah air.

Sebelumnya, untuk blog dan situs yang berbahasa Indonesia, Google Adsense hanya tersedia untuk fitur "Google Adsense For Search" alias Google Adsense Untuk Pencarian.


Sementara untuk "Google Adsense For Content" masih belum bisa sehingga banyak yang menggunakan cara memodifikasi kode HTML iklan Google sedemikian rupa sehingga iklan Google bisa muncul di blog dan situs berbahasa Indonesia tersebut.

Cara tersebut sebenarnya jelas-jelas melanggar ketentuan Term & Conditions dari Google Adsense. Dalam "Syarat dan Ketentuan Standar Google AdSense TM Online" pada Poin No. 5 tertera : Penggunaan Yang Dilarang. Anda tidak boleh, dan tidak boleh memberikan wewenang atau mendorong pihak ketiga untuk :....(ii) mengedit, memodifikasi, memfilter, menyingkat, atau mengubah urutan informasi yang terdapat pada Iklan, Tautan, Unit Iklan, Hasil Penelusuran, maupun Tombol Arahan, atau menghapus, menyamarkan, maupun memperkecil Iklan, Tautan, Unit Iklan, Hasil Penelusuran, atau Tombol Arahan dengan cara apapun tanpa izin dari Google;...

Dulu saya juga pernah terpikir untuk ikut menggunakan cara tersebut, tetapi tidak jadi karena jelas melanggar ketentuan Google Adsense yang bisa berisiko kena banned. Yang bisa dilakukan hanya bersabar semoga Google Adsense secepatnya mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia. Sambil menunggu tersebut, kita bisa mengikuti program iklan PPC lokal seperti Adsense Camp, KlikSaya, Sitti, KumpulBlogger, dan sebagainya.

Dikarenakan sekarang Google Adsense sudah resmi mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia, maka Google Adsense pastinya akan menjadi prioritas dan primadona di kalangan blogger dan pemilik situs berbahasa Indonesia untuk menjaring dollar di internet dari program iklan PPC.

Kepastian bahwa Google Adsense sudah resmi mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia dapat dilihat di "Help Center Google Adsense" pada bagian "What languages does AdSense support?". Di sana jelas tertera bahasa Indonesia di jajaran daftar bahasa-bahasa yang didukung "Google Adsense For Content", sebagaimana bisa dibaca di bawah ini :

"Google AdSense supports publishers in several different languages. Applications for participation in the program can be for sites with content primarily in :
Arabic, Bulgarian, Chinese (simplified), Chinese (traditional), Croatian, Czech, Danish, Dutch, English, Finnish, French, German, Greek, Hebrew, Hungarian, Indonesian, Italian, Japanese, Korean, Latvian, Lithuanian, Polish, Norwegian, Portuguese, Romanian, Russian, Serbian, Slovak, Spanish, Swedish, Thai, Turkish, Ukranian."

Dengan demikian, bahasa Indonesia merupakan bahasa ke-6 di Asia yang didukung oleh "Google Adsense For Content" setelah bahasa Arab, China, Jepang, Korea dan Thai.

Tentunya ini merupakan kegembiraan dan kebanggaan bagi para blogger dan pemilik situs berbahasa Indonesia karena kesempatan untuk mendapatkan penghasilan online tambahan dari internet semakin besar.

Semoga kita semua bisa semakin terpicu semangatnya untuk mendapatkan kesuksesan dari program Google Adsense ini.

Terima kasih Google Adsense !




Google Adsense For Content Resmi Mendukung Bahasa Indonesia
Oleh Pierre Will pada .
Google Adsense akhirnya resmi mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia sejak tanggal 1 Februari 2012
Google Adsense akhirnya resmi mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia sejak tanggal 1 Februari 2012. Berita ini diumumkan di blog resmi Google Adsense, "Inside Adsense Blog", dengan judul berita "Adsense now speaks Indonesian"
Rating: 4.5


Baca artikel ini selengkapnya......

Setelah sempat menghilang beberapa hari yang lalu seperti yang saya tulis di artikel sebelumnya dengan judul "Iklan Sitti Menghilang", ternyata pada keesokan harinya, iklan Sitti telah muncul kembali dengan sendirinya, walaupun masih lebih sering muncul iklan promo untuk memasang iklan di Sitti sendiri seperti dengan judul "Beriklan GRATIS di internet!".

Iklan-iklan dari pengiklan sendiri sejak beberapa minggu terakhir ini saya lihat sudah agak jarang muncul di blog saya ini, hanya beberapa kali dalam sehari, tapi lumayan juga daripada tidak muncul sama sekali.


Tidak diketahui pasti penyebab menghilangnya iklan Sitti kemarin, mungkin hanya disebabkan masalah teknis jaringan sementara seperti yang sudah ditulis di artikel sebelumnya karena memang tidak ada pengumuman apa-apa di situs Sitti.

Semoga Sitti semakin baik lagi di masa-masa mendatang dengan semakin banyak pengiklan yang bekerja sama dengan Sitti, sehingga bisa menjadi situs iklan PPC Indonesia yang terkemuka dan dapat diandalkan oleh semua, baik pengiklan maupun penerbit iklannya.


Baca artikel ini selengkapnya......
TopOfBlogs Personal Blogs