8 Agustus 2013

nRelate, Alternatif Widget "Related Posts"

Selama ini untuk menampilkan artikel/posting yang berkaitan di bawah artikel blog, saya menggunakan LinkWithin karena praktis dan cepat proses instalasinya. Tetapi ketika saya instal widget LinkWithin di sebuah blog baru, ternyata hasilnya tidak sesuai dengan kenyataan seperti jumlah artikel beserta "thumbnail" yang saya pilih 3, ternyata yang muncul cuma 2 atau 1. Kemudian kadang cuma muncul "Link Text" saja padahal artikel tersebut memiliki gambar sehingga seharusnya muncul gambar "thumbnail" untuk artikel tersebut.

Setelah beberapa kali kirim pesan bantuan ke LinkWithin tetapi hasilnya tetap sama, maka saya pun mencari-cari di Google alternatif cara untuk menampilkan "Artikel Terkait".

Hasilnya saya menemukan cara manual dengan memasang kode-kode HTML sesuai dengan petunjuknya di template blog kita, tetapi hasilnya juga mengecewakan karena widget "Related Posts" atau "Artikel Terkait" yang seharusnya muncul di bawah posting artikel kita ternyata tidak muncul sama sekali.

Akhirnya setelah melakukan pencarian internet di Google dengan kata kunci "altenatif LinkWithin", ternyata muncul beberapa nama, di antaranya Outbrain, Zemanta dan nRelated. Setelah saya coba satu per satu, ternyata "nRelated" yang bisa memberikan hasil yang memuaskan.

Untuk menggunakan fasilitas "related posts" atau "artkel terkait" dari nRelated, kita harus mendaftar dulu alias "sign up". Setelah akun jadi dan aktif, kita harus "Log In" dan kemudian pilih menu "Install" untuk menambahkan blog yang akan kita pasang widget nRelated ini. Setelah itu, tinggal ikuti petunjuknya yang cukup mudah dipahami.

nRelated menyediakan berbagai pilihan kustomisasi atau personalisasi untuk pengaturan widget yang akan ditampilkan nanti, mulai dari jenis tampilan teks link atau gambar thumbnail, besar ukuran gambar thumbnailnya, jumlah "related posts" yang akan ditampilkan, sampai pilihan kalimat untuk judul kotak "related content". Tersedia juga kustomisasi kode CSS untuk mengganti warna, besar tulisan untuk teks yang muncul di widget nRelated ini.

Satu hal lagi yang menjadi nilai tambahnya adalah tersedia kerjasama sebagai "publisher" iklan di mana iklan sponsor akan muncul di salah satu gambar thumbnail atau berupa teks link. Tentunya sebagai publisher, blogger akan mendapatkan penghasilan jika terjadi klik pada iklan sponsor yang muncul tersebut. Media pembayarannya dilakukan melalui PayPal.

Tertarik untuk mencobanya ? Silakan langsung daftar ke situs nRelated. Semoga bermanfaat bagi mereka yang sedang mengalami masalah yang sama dan ingin mencari alternatif widget "Related Posts" yang bisa memberikan hasil yang memuaskan.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!