10 Januari 2014

Tips Dan Trik Meningkatkan CTR Iklan PPC

Tujuan blogger bergabung sebagai publisher berbagai jaringan iklan online terutama untuk jenis Pay Per Click (PPC), seperti Google Adsense, IdBlogNetwork, Sitti, KlikSaya, dan sebagainya, sudah pasti untuk memperoleh penghasilan online yang optimal melalui blognya.

Ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk meningkatkan CTR ("click through ratio") sehingga otomatis penghasilan dari klik iklan di blognya juga akan meningkat.

Langkah pertama adalah memilih format ukuran iklan PPC terbaik. Ada 4 bentuk format ukuran iklan PPC yang direkomendasikan untuk blogger, yakni ukuran 336 x 280 Large Rectangle, 300 x 250 Medium Rectangle, 728 x 90 Leaderboard, dan 160 x 600 Wide Skyscraper.

Alasan mengapa keempat jenis format ukuran iklan itu paling populer dan direkomendasikan adalah karena format ukuran iklan tersebut mampu menarik perhatian pengunjung blog lebih lama.

Iklan teks dan gambar yang lebar secara visual akan lebih enak dilihat, orang akan membaca dan mengamati informasinya dengan mudah. Format ukuran iklan yang lebar juga dapat menyajikan lebih banyak informasi dalam waktu yang sama.

Langkah kedua adalah menentukan penempatan atau lokasi iklan yang tepat. Format ukuran iklan yang terbaik haruslah dioptimalkan fungsinya dengan keputusan memilih lokasi yang tepat agar bisa mendapatkan CTR yang tinggi. Dengan kata lain, bagaimana cara memadukan iklan dengan konten halaman blog Anda.

Lokasi yang paling ideal untuk menempatkan iklan PPC adalah di bagian atas blog secara horizontal (dengan format iklan Leaderboard), di bagian kiri blog secara vertikal (dengan format iklan Wide Skycraper), serta di bagian tengah blog (dengan format iklan Large Rectangle atau Medium Rectangle). Lokasi-lokasi ini dipandang ideal karena di sinilah rata-rata wilayah yang paling sering diklik oleh pengunjung blog. Akan terlihat indah dan "matching" apabila membaurkannya dalam body artikel blog Anda.

Pilihan lokasi yang tepat untuk penempatan iklan Wide Skycraper di bagian sebelah kiri halaman blog didasarkan atas pertimbangan bahwa pengunjung blog setelah melihat isi di halaman tengah, akan menyasar bagian sebelah kiri blog. Ada keuntungan tersendiri seandainya menempatkan iklan di lokasi ini, karena pengunjung blog akan mengira bahwa iklan tersebut adalah bagian dari menu navigasi blog. Akibat dari salah perkiraan tersebut akan menguntungkan blogger karena akan menghasilkan lebih banyak uang.

Langkah ketiga untuk meningkatkan CTR adalah melalui pengaturan warna iklan. Menentukan warna iklan merupakan salah satu elemen penting yang harus diperhitungkan dengan benar. Bagian penting yang dapat dioptimasi untuk pengaturan warna iklan ini adalah border iklan (bagian tepi/bingkai), background (latar belakang), title (judul), teks (isi), dan URL pengiklan (jika ada). Akan tetapi, tidak ada yang baku untuk warna terbaik yang bisa dipakai.

Bisa saja warna yang cerah, terang, dan semaksimal mungkin menghasilkan kesan "eye-catching" atau malah sebaliknya. Tampilan iklan akan lebih baik jika warna iklannya sesuai dengan warna yang ada di situs Anda. Yang perlu diperhatikan adalah atur agar background, border, dan URL iklan Anda tidak terlihat, sehingga akan memberikan kesan iklan dan konten blog seolah menyatu. Caranya adalah dengan menyamakan warna background, border, dan URL iklan dengan warna background blog. Kemudian samakan juga warna teks iklan dengan teks artikel blog Anda, demikian juga warna judul iklan dengan warna link dalam blog Anda.

Semoga sobat blogger bisa meningkatkan CTR secara optimal dengan menggunakan langkah-langkah sederhana yang sudah dibahas di atas. Namun, bekerja atau tidaknya tips, trik, dan teknik yang ada, akan tergantung juga dari keseluruhan layout halaman blog Anda. Tidak ada yang baku dalam bisnis ini, salah satu trik mungkin bisa bekerja optimal di blog Anda, namun mungkin tidak di blog lain. Disarankan untuk selalu bereksperimen dengan penuh kreativitas. Amati juga performansi iklan Anda dan segera melakukan perubahan jika dianggap kurang optimal. Semoga sukses.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!