9 September 2014

Cara Mudah Membuat 'Recent Posts With Thumbnail' Pada Blogger

Salah satu aksesoris blogger berupa 'widget atau gadget' yang bisa kita tambahkan pada blog kita adalah 'Recent Posts With Thumbnail' yang artinya 'Postingan Terbaru Disertai Gambar Kecil'. Dengan widget blogger ini, maka pengunjung blog akan bisa mengetahui judul postingan artikel terbaru kita berikut ringkasan 'snippet' artikel yang disertai dengan gambar kecil 'thumbnail' di samping kiri sehingga bisa lebih menarik pengunjung blog untuk membacanya lebih lanjut.

Cara mudah yang bisa digunakan untuk menambahkan widget ini adalah dengan menambah langsung dari layout Blogger. Jika sudah masuk di tampilan layout Blogger, pilih 'Add a Gadget', pilih 'More Gadgets', kemudian ketik saja kata kunci 'recent posts' di kotak pencarian di sudut kanan atas pilih 'Recent Post Advanced' di hasil pencarian tersebut, kemudian ikuti petunjuk yang ada. Widget/gadget ini dibuat oleh Bloggerplugins.org. Seandainya sobat blogger menemui kendala menambahkan widget ini atau terjadi 'error' maka ada alternatif lain yang bisa dipilih untuk membuat widget 'Recent Post With Thumbnail' ini.

Alternatifnya adalah melalui 'Advance Recent Post Widget for Blogger' yang disediakan oleh Bloggeritems.com. Caranya juga sangat mudah, setelah masuk ke situs Bloggeritems.com, arahkan pointer ke pilihan 'WIDGETS', kemudian pilih 'DATA WIDGETS', akan muncul beberapa widget yang disediakan.

Pilih 'Advance Recent Post Widget for Blogger' dan isikan data berupa jumlah artikel yang ingin ditampilkan di kotak isian yang disediakan. Karena kita ingin menampilkan gambar kecil 'thumbnail' beserta ringkasan artikel 'snippet', maka sudah jelas bagian 'Show thumbnail' dan 'Show snippet' harus dicentang, sementara pilihan lainnya bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Jika pilihan seperti nama penulis/blogger 'author name', jumlah komentar 'comment number', waktu posting 'time', dan nama label 'label name' akan ditampilkan, maka tinggal dicentang saja di kotak pilihan yang sudah disediakan.

Setelah selesai, klik 'Click Here To Add Widget' dan akan muncul halaman baru berupa 'Import Page Element' di Blogger. Pilih blog yang ingin ditambahkan widget ini dan klik 'Add Widget'. Setelah berhasil, atur penempatan widget tersebut sesuai lokasi yang diinginkan di bagian layout Blogger.

Selamat mencoba menambahkan wiget 'Recent Posts With Thumbnail' ini di blog sobat blogger. Semoga bermanfaat.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!