10 Oktober 2014

Blog Telah Dihapus Oleh Blogger

Apa yang akan sobat blogger lakukan jika ketika akan mengakses blognya yang hosting di blogger/blogspot tiba-tiba mendapatkan pesan di halaman browser sebagai berikut :

Blog telah dihapus Maaf, blog di ***.blogspot.com telah dihapus. Alamat ini tidak tersedia untuk blog baru.

Apa harusnya blog Anda ada di sini? Bacalah: 'Saya tidak bisa menemukan blog saya di Web, jadi ada di mana ?"


Yang pertama terpikirkan bisa jadi bingung, sedih, kecewa, bahkan panik kemudian stress, mengapa blognya tersebut tiba-tiba dihapus oleh Blogger, apalagi kalau blognya sudah dibangun sekian lama dan mempunyai trafik pengunjung yang lumayan. Alasan Blogger menghapus suatu blog biasanya dengan pertimbangan blog tersebut melanggar TOS (Terms Of Service) Blogger dan Kebijakan Konten (Content Policy) Blogger karena dianggap sebagai blog SPAM, sebagaimana disampaikan melalui email yang dikirim Blogger kepada sobat blogger dengan subyek : "http://***.blogspot.com/ has been deleted" dan isinya sebagai berikut :

Hello, Your blog at http://***.blogspot.com/ has been reviewed and confirmed as in violation of our Terms of Service for: SPAM. In accordance to these terms, we've removed the blog and the URL is no longer accessible. For more information, please review the following resources: Terms of Service: http://www.blogger.com/go/terms Blogger Content Policy: http://blogger.com/go/contentpolicy - The Blogger Team

Faktor yang terutama dijadikan pertimbangan sebuah blog dianggap dan dikategorikan sebagai SPAM adalah blogger menebar link blognya di mana-mana, seperti di buku tamu ChatBox, Shoutmix dan sejenisnya serta melanggar hak cipta dengan menyalin artikel atau gambar dari situs-situs lainnya yang mempunyai Hak Cipta (Copy Rights). Karena penghapusan blog tersebut dilakukan secara otomatis oleh robot Blogger berdasarkan algoritmanya sendiri, maka ada kemungkinan robot Blogger tersebut melakukan kesalahan, sehingga masih terbuka kesempatan sobat blogger melakukan permohonan agar blognya dipulihkan kembali.

Jika sobat blogger merasa yakin blognya bukan merupakan SPAM dan sebagian besar postingan artikelnya bukan merupakan "copy paste" dari blog atau situs lain, maka tenangkan diri dulu, kemudian ajukan "appeal" / permohonan kepada Blogger melalui link yang sudah disediakan. Untuk mengakses link ini, terlebih dahulu login ke Blogger, masuk ke layout Blogger, pilih Deleted Blog, kemudian klik link yang disediakan di blog yang sudah dihapus tersebut.

Setelah menerima permohonan, Blogger akan meninjau kembali blog yang dihapus tersebut dan jika memang benar blog yang dihapus tersebut ternyata tidak melanggar TOS Blogger, maka otomatis blog tersebut akan dipulihkan kembali dan sobat blogger akan menerima kembali email yang dikirimkan Blogger dengan subyek : "http://***.blogspot.com/ has been reinstated" dan isinya sebagai berikut :

Hello, We have received your appeal regarding your blog http://***.blogspot.com/. Upon further review we have determined that your blog was mistakenly marked as a TOS violator by our automated system and, as such, we have reinstated your blog. We apologize for any inconvenience this may have caused in the meantime and thank you for your patience as we completed our review process. Thank you for understanding. Sincerely, The Blogger Team

Blogger memberikan batasan waktu selama dua hari kerja ("business day") untuk meninjau kembali blog yang dihapus tersebut. Jika setelah melewati dua hari blog yang dihapus belum dipulihkan, berarti blog tersebut memang sudah dihapus oleh Blogger karena melanggar TOS Blogger. Meskipun kemungkinannya kecil blog yang sudah dihapus bisa dipulihkan kembali oleh Blogger, namun tidak ada salahnya sobat blogger mencoba mengajukan permohonan, syukur-syukur blognya memang dipulihkan lagi oleh Blogger.

Hosting di subdomain Blogger yang menggunakan blogspot.com memang gratis alias tidak perlu mengeluarkan biaya, tetapi risikonya blog tersebut bisa dihapus kapan saja oleh Blogger tanpa peringatan sebelumnya jika terindikasi sudah melanggar TOS dan Kebijakan Konten Blogger.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!