10 Maret 2011

Google, Media Promosi Blog Paling Wajib

Media promosi blog menurut saya yang paling wajib dimiliki oleh setiap pemilik blog adalah Google. Mengapa ? Karena Google merupakan mesin pencari utama internet, maka setiap pemilik blog wajib mendaftarkan blognya agar terindeks oleh mesin pencari Google. Karena jika sudah terindeks oleh Google dan bisa muncul di halaman satu atau dua mesin pencari Google, maka blog tersebut otomatis akan mendapatkan kunjungan dan trafik dari pengguna internet yang sedang mencari informasi yang kebetulan ada di blog itu.

Mendaftarkan blog kita ke mesin pencari Google tidaklah sulit. Masuklah ke akun Google Anda, di bagian Settings, pilih Google Account Settings, lalu Webmaster Tools.

Jika belum ada fitur Webmaster Tools ini, coba masuk ke halaman depan pencarian Google, ketikkan Google Webmaster Tools, klik hasil pencariannya, lalu Anda akan dipandu untuk masuk/sign in ke akun Google. Setelah masuk, otomatis fitur Google Webmaster Tools ini akan ada di akun Google Anda.

Setelah masuk ke Webmaster Tools, pilih "Add Site", dan ketikkan alamat blog Anda. Sekarang blog Anda sudah tampil di bagian "Sites", dan kita akan melakukan verifikasi dengan menggunakan Meta tag.

Klik "Manage", pilih "Add or remove owners", klik "Verify using a different method", kemudian pilih "Add a meta tag to your site's home page", copy kode meta name yang diberikan ke blog Anda di bagian Edit HTML, paste-kan tepat di bawah <head>. Klik "Save Template", setelah sukses tersimpan, beralih ke halaman Webmaster Tools tadi, lalu klik "Verify", proses selesai.

Dari pengalaman saya, biasanya blog akan terindeks oleh mesin pencari Google paling cepat lebih kurang satu minggu kemudian. Sebagai contoh untuk blog Sentra Blogger ini, pertama saya harus mengetikkan "sentrablogger" di mesin pencari Google tanpa spasi baru bisa menemukan blog saya tersebut, tetapi lebih kurang satu minggu kemudian, jika saya mengetikkan "sentra blogger", dengan spasi, blog saya sudah bisa muncul di halaman pertama pencarian Google.

Intinya kita tetap harus bersabar, karena "robot" mesin pencari Google punya kriteria tertentu untuk mengindeks blog kita, sehingga lamanya setiap blog terindeks berbeda-beda satu sama lain.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!