1 November 2011

Memasang Widget Alexa Rank

Salah satu widget yang suka saya pasang di setiap blog saya adalah Alexa Rank. Dilihat dari namanya, fungsi widget Alexa Rank ini adalah untuk mengetahui ranking trafik blog/situs tertentu di dunia maya. Jadi setiap blog/situs itu memiliki ranking alias peringkat trafiknya masing-masing yang berubah setiap hari.

Semakin besar nilai Alexa Rank-nya, berarti blog/situs tersebut jarang dikunjungi atau karena masih baru.

Sampai artikel ini ditulis, ranking 10 besar situs dunia menurut Alexa Rank adalah sebagai berikut :
1. Google
2. Facebook
3. YouTube
4. Yahoo!
5. Wikipedia


6. Baidu.com
7. Blogger.com
8. Windows Live
9. Twitter
10.QQ.com

Jadi semakin kecil Alexa Rank suatu situs, semakin besar trafik kunjungannya dan semakin popular situs tersebut.

Untuk memasang widget Alexa Rank ini cukup mudah, masuk ke website Alexa di Alexa.com, kemudian pilih Site Tools. Tersedia 3 macam pilihan widget, yakni Alexa Site Stats Button, Alexa Traffic Rank Button, dan Alexa Traffic Graph. Setelah menentukan pilihan jenis widgetnya, masukkan alamat blog atau situs kita, lalu tekan Build Widget, akan muncul kode yang harus kita pasang di blog atau situs kita.

Kalau ingin situs kita diverifikasi di Alexa, cukup daftar di bagian Register, kemudian pilih Add Site, masukkan alamat situs atau blog kita. Setelah itu, untuk memverifikasinya, bisa memilih kode Meta Tag dari Alexa untuk disisipkan di bagian Edit HTML untuk Blogger, letakkan di bawah kode . Simpan dan selesai.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!