1 April 2012

Klik Google Adsense Indonesia Kecil

Luapan kegembiraan blogger Indonesia karena didukungnya secara resmi bahasa Indonesia untuk program Google Adsense For Content tampaknya belum dibarengi dengan perolehan US Dollar untuk setiap klik iklan Google Adsense yang dipasang di blog berbahasa Indonesia.

Ya, klik iklan Google Adsense Indonesia masih sangat minim. Setiap kliknya masih dihargai di kisaran USD.0,02 sampai dengan USD.0,05 atau setara Rp.200,- sampai dengan Rp.450,-. Seperti yang saya alami sendiri, untuk 3 klik iklan Google Adsense di blog berbahasa Indonesia saya, dihargai total sebesar USD.0,08. Sepertinya ini tidak banyak berbeda dengan program iklan PPC lokal yang rata-rata mematok kisaran per klik antara Rp.250,- sampai dengan Rp.350,-.

Walaupun demikian, saya tetap lebih menyukai program iklan Google Adsense Indonesia dibandingkan PPC lokal karena potensi perkembangan ke depannya dan iklannya yang jauh lebih bervariasi mulai dari UKM sampai korporasi besar, dengan tampilan format iklan yang lebih bagus dan menarik.

Google Adsense Indonesia masih baru, jadi wajar jika nilai kliknya masih kecil karena pemasang iklannya masih sedikit. Bisa jadi juga dikarenakan pemasang iklan dari korporasi besar di Indonesia belum banyak atau tema dan "keyword" yang ada di blog tersebut belum sesuai dengan klik iklan yang terjadi, jadi target iklan tersebut belum tercapai.

Jadi biarpun klik iklan Google Adsense Indonesia kecil, semoga blogger Indonesia tetap semangat blogging karena setidaknya Google Adsense telah membuka harapan dan kesempatan besar bagi para blogger Indonesia untuk mendulang dollar melalui program PPC-nya.

Semoga Google Adsense Indonesia semakin berkembang, dengan harapan klik iklan nantiya juga bisa semakin besar.

Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!