8 Januari 2013

Perbandingan Google Adsense, IdBlogNetwork, SITTI, dan KlikSaya

Hadirnya Google Adsense yang mendukung bahasa Indonesia, telah semakin meramaikan pasar iklan online Indonesia terutama yang berbasis Pay Per Click (PPC).

Jaringan-jaringan periklanan online lokal yang sudah ada sebelumnya seperti IdBlogNetwork, SITTI dan KlikSaya pasti merasakan dampak dari kehadiran Google Adsense ini, walaupun masing-masing jaringan periklanan mengklaim memiliki ciri khas tersendiri bila dibandingkan dengan Google Adsense.

Mari kita simak apa saja ciri khas dari Google Adsense, IdBlogNetwork, SITTI dan KlikSaya.

1. IdBlogNetwork (IBN)
Ciri khas IdBlogNetwork antara lain :
- Produknya selain PPC (Pay Per Click), juga ada PPA (Pay per Action) dan PPP (Pay Per Post) dengan bayaran yang premium. Khusus untuk PPC, iklannya berupa banner gambar semua, baik gambar statis atau pun gambar dinamis dan tidak tersedia dalam format teks, dengan bayaran per klik bervariasi antara Rp.1000,- sampai dengan Rp.2500,-.
- Selektif dalam menerima publisher baru.
- Selektif dalam membagi iklan yang tersedia kepada publishernya, sehingga tidak jarang publisher tidak mendapatkan slot iklan.
- Selektif dalam penilaian klik iklan, artinya tidak semua klik iklan yang terjadi serta merta langsung dihitung, sehingga tidak jarang publisher yang sudah memasang iklan tetapi jarang terjadi klik padahal ditempatkan pada posisi yang cukup strategis dengan trafik kunjungan yang lumayan tinggi.
- Penghasilan dari klik iklan tidak bisa diketahui secara "real-time", apalagi penghasilan untuk program seperti PPA bisa menunggu sampai berhari-hari karena ada semacam verifikasi terlebih dahulu dari tim IdBlogNetwork.
- Pay Out atau pembayaran dilakukan bila penghasilan sudah mencapai minimal Rp.1.000.000,-

2. SITTI
Ciri khas SITTI antara lain :
- Bermain hanya di produk PPC (Pay Per Click), dengan nilai klik berkisar mulai dari Rp.360,-/klik.
- Tidak ada ketentuan khusus dalam menerima publisher baru, jadi lebih gampang diterima.
- Advertiser (Pengiklan) yang masih sedikit sehingga tidak jarang publisher tidak mendapatkan iklannya.
- Selektif juga dalam penilaian klik iklan, artinya tidak semua klik iklan yang terjadi serta merta langsung dihitung, sehingga tidak jarang publisher yang sudah memasang iklan tetapi jarang terjadi klik padahal ditempatkan pada posisi yang cukup strategis dengan trafik kunjungan yang lumayan tinggi.
- Penghasilan dari klik iklan tidak bisa diketahui secara "real-time", penghasilan klik iklan hari ini baru bisa diketahui satu hari kemudian.
- Pay Out atau pembayaran dilakukan bila penghasilan sudah mencapai minimal Rp.100.000,-

3. KlikSaya
Ciri khas KlikSaya antara lain :
- Bermain hanya di produk PPC (Pay Per Click), dengan nilai klik berkisar mulai dari Rp.360,-/klik.
- Publisher yang bisa diterima bergabung di jaringan KlikSaya adalah publisher yang memiliki situs dengan trafik minimal 10.000 pageview per bulan.
- Materi iklan di KlikSaya kebanyakan adalah produk-produk kesehatan seksual/kejantanan pria dan kesehatan organ kewanitaan, iklan program cepat kaya, iklan jadi jutawan, dan yang sejenisnya yang kadang kurang masuk akal. Tetapi jika Anda kurang nyaman dengan iklan-iklan seperti ini, KlikSaya menyediakan pilihan untuk menolak iklan-iklan yang tidak publisher inginkan.
- Penghasilan dri klik iklan bisa diketahui secara "real-time" karena di-update terus setiap saat.
- Pay Out atau pembayaran dilakukan bila penghasilan sudah mencapai minimal Rp.60.000,-

4. Google Adsense
Ciri khas Google Adsense antara lain :
- Produknya terutama Pay Per Click (Adsense for Content) dan Google Search (Adsense for Search). Untuk iklan PPC tersedia dalam format teks dan banner gambar baik statis maupun dinamis. Nilai per klik bervariasi, mulai dari USD.0,03/klik, tergantung jenis iklannya.
- Selektif dalam penerimaan publisher baru.
- Materi iklannya banyak dengan berbagai macam variasi dengan bahasa iklan yang menarik, yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari korporasi besar sampai usaha kecil menengah, sehingga iklan selalu tersedia di situs publisher.
- Penghasilan dri klik iklan bisa diketahui secara "real-time" karena di-update terus setiap saat.
- Pay Out atau pembayaran dilakukan bila penghasilan sudah mencapai minimal USD.100,-

Dari semua uraian di atas, jelas Google Adsense masih merupakan pilihan yang terbaik untuk blogger yang ingin bermain di ceruk iklan Pay Per Click (PPC) karena potensi penghasilannya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!