1 September 2013

Solusi Gadget Adsense Hilang Di Blogger Dynamic Template

Beberapa waktu yang lalu, saya membuat blog baru dengan menggunakan template "Milk Blue Blogger Template" karena tergoda oleh disainnya yang sederhana tapi bagus dan cocok untuk penempatan iklan Google Adsense.

Setelah selang beberapa hari pemakaian, pada saat ingin memasang iklan Adsense di antara posting artikel ("adsense between posts"), ternyata fitur "Show Ads Between Posts" tidak muncul di bagian "Edit Blog Posts" di Layout Blogger.

Sempat terpikir bahwa hal ini mungkin dikarenakan kode-kode di Milk Blue template ada yang hilang atau berubah, dan setelah dibandingkan dengan template blog yang lain yang bisa muncul fitur tersebut, saya mencoba mengeditnya beberapa kali, tapi hasilnya tetap sama saja, fitur tersebut tetap tidak muncul.

Akhirnya setelah melakukan pencarian cukup lama di Google, ternyata penyebabnya sangat sederhana. Hal ini dikarenakan Blogger yang menggunakan Dynamic Template belum bisa mendukung fitur Google Adsense untuk Bahasa Indonesia secara langsung dan otomatis di templatenya. Terbukti fitur Earnings yang biasa muncul di halaman Dashboard Blogger tidak ada. Kemudian di bagian Layout, "Add a Gadget", fitur Adsense juga hilang.

Oleh karena itu, solusinya adalah dengan melakukan setting bahasa ke Bahasa Inggris. Caranya masuk ke bagian Dashboard Blogger, pilih "Settings", pilih "Language and formatting", pilih "Language", pilih English. Simpan.

Kemudian coba lagi ke bagian Layout, klik Edit Blog Posts, fitur "Show Ads Between Posts" sudah muncul kembali di jendela "Configure Blog Posts".
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!