25 Agustus 2011

Mengatasi Hilangnya Hasil Pencarian Blog Atau Situs di Google

Beberapa waktu yang lalu, salah satu blog saya yang pernah menempati urutan pertama di halaman pertama hasil pencarian Google tiba-tiba hilang.

Sempat kuatir kalau-kalau blog saya tersebut sudah dibanned oleh Google, saya mencoba memeriksanya dengan mengetikkan kata kunci site:namablog.blogspot.com di halaman pencarian Google, ternyata belum saya masih ada, artinya blog saya tidak dibanned Google.

Lantas mengapa blog saya tiba-tiba hilang dari halaman pencarian Google ? Setelah mencari-cari di Google, diketahui ada beberapa faktor penyebab hilangnya blog atau situs kita dari halaman pencarian Google.

Salah satunya adalah banyaknya "Crawl errors" yang terdeteksi yang terdapat di bagian "Webmaster Tools" blog saya tersebut, tepatnya ada 6 URL. "Crawl errors" tepatnya bisa dicek di bagian "Webmaster Tools" pada menu "Diagnostics".

Nah, link-link URL blog atau situs yang terdeteksi pada crawl errors ini dapat dihapus di bagian menu "Site configuration", pada submenu "Crawler access". Di submenu "Crawler access" ini, pilihlah "Remove URL", kemudian pilih "New removal request". Copy paste-kan satu per satu link-link yang terdeteksi error tersebut ke bagian isian "New removal request" ini sampai selesai.

Setelah itu, tinggal menunggu waktu sampai Google menghapus link-link URL yang bermasalah di "crawl errors" tersebut. Dari pengalaman saya, dari 6 link URL blog saya yang bermasalah, setelah lebih kurang 14 hari (2 minggu), sudah ada 3 link URL yang sudah dihapus. Seiring dengan ini, blog saya sudah kembali muncul di urutan pertama di halaman pertama hasil pencarian Google.

Sekarang tinggal menunggu Google menghapus lagi sisa 3 link URL yang bermasalah tersebut.

Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!