14 Maret 2012

Domain CO.CC Kembali Masuk Indeks Google

Setelah hampir setengah tahun dikeluarkan dari halaman hasil pencarian Google, ternyata domain CO.CC sudah kembali masuk indeks hasil pencarian Google sejak awal Desember 2011. Artinya semua blog dan situs yang menggunakan custom domain di CO.CC bisa ditemukan kembali di halaman hasil pencarian Google. Coba ketikkan kata "site:co.cc" di mesin pencari Google, maka akan muncul sekitar 242.000.000 entri hasil pencariannya.

Ini tentunya merupakan kabar gembira karena blogger-blogger bisa kembali menggunakan CO.CC untuk custom domain blog mereka secara gratis. Tetapi sekaligus muncul pertanyaan dan rasa was-was, bisa berlangsung berapa lama CO.CC ini kembali diindeks Google, karena memang tidak ada jaminan bahwa Google, Si Penguasa Dunia Internet ini, tidak akan mem-banned kembali CO.CC di kemudian hari. Itulah risikonya jika memakai yang namanya serba gratis.

Sebenarnya saya juga lebih suka memakai custom domain di CO.CC karena alamat blog kita bisa diperpendek. Tapi kalau kita sudah bersusah payah membangun suatu blog misal dengan custom domain CO.CC, terus kemudian kejadian banned massal Google kembali terulang, bisa dibayangkan bagaimana perasaan sebal, marah, kesal, kecewa, sedih yang bakal muncul.

Jadi pilihan ada di tangan blogger semua, mau kembali custom domain gratis di CO.CC agar alamat blog menjadi lebih singkat dan "keren" tapi dengan risiko banned massal Google kembali terulang, atau tetap setia menggunakan akhiran domain "blogspot.com".

Saya jadi berandai-andai, kalau "blogspot.com" bisa dipersingkat, misalnya menjadi "blog.com" bukankah akan terlihat lebih simpel dan bagus ya.

Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!