10 Maret 2012

Google Adsense For Content Resmi Mendukung Bahasa Indonesia

Ada berita gembira dari program iklan PPC Google Adsense. Setelah sekian lama menunggu, Google Adsense akhirnya resmi mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia sejak tanggal 1 Februari 2012. Berita ini diumumkan di blog resmi Google Adsense, "Inside Adsense Blog", dengan judul berita "Adsense now speaks Indonesian". Hal ini tentunya menjadi kado tahun baru 2012 yang sangat berarti dan istimewa untuk para blogger dan pemilik situs di tanah air.

Sebelumnya, untuk blog dan situs yang berbahasa Indonesia, Google Adsense hanya tersedia untuk fitur "Google Adsense For Search" alias Google Adsense Untuk Pencarian.


Sementara untuk "Google Adsense For Content" masih belum bisa sehingga banyak yang menggunakan cara memodifikasi kode HTML iklan Google sedemikian rupa sehingga iklan Google bisa muncul di blog dan situs berbahasa Indonesia tersebut.

Cara tersebut sebenarnya jelas-jelas melanggar ketentuan Term & Conditions dari Google Adsense. Dalam "Syarat dan Ketentuan Standar Google AdSense TM Online" pada Poin No. 5 tertera : Penggunaan Yang Dilarang. Anda tidak boleh, dan tidak boleh memberikan wewenang atau mendorong pihak ketiga untuk :....(ii) mengedit, memodifikasi, memfilter, menyingkat, atau mengubah urutan informasi yang terdapat pada Iklan, Tautan, Unit Iklan, Hasil Penelusuran, maupun Tombol Arahan, atau menghapus, menyamarkan, maupun memperkecil Iklan, Tautan, Unit Iklan, Hasil Penelusuran, atau Tombol Arahan dengan cara apapun tanpa izin dari Google;...

Dulu saya juga pernah terpikir untuk ikut menggunakan cara tersebut, tetapi tidak jadi karena jelas melanggar ketentuan Google Adsense yang bisa berisiko kena banned. Yang bisa dilakukan hanya bersabar semoga Google Adsense secepatnya mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia. Sambil menunggu tersebut, kita bisa mengikuti program iklan PPC lokal seperti Adsense Camp, KlikSaya, Sitti, KumpulBlogger, dan sebagainya.

Dikarenakan sekarang Google Adsense sudah resmi mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia, maka Google Adsense pastinya akan menjadi prioritas dan primadona di kalangan blogger dan pemilik situs berbahasa Indonesia untuk menjaring dollar di internet dari program iklan PPC.

Kepastian bahwa Google Adsense sudah resmi mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia dapat dilihat di "Help Center Google Adsense" pada bagian "What languages does AdSense support?". Di sana jelas tertera bahasa Indonesia di jajaran daftar bahasa-bahasa yang didukung "Google Adsense For Content", sebagaimana bisa dibaca di bawah ini :

"Google AdSense supports publishers in several different languages. Applications for participation in the program can be for sites with content primarily in :
Arabic, Bulgarian, Chinese (simplified), Chinese (traditional), Croatian, Czech, Danish, Dutch, English, Finnish, French, German, Greek, Hebrew, Hungarian, Indonesian, Italian, Japanese, Korean, Latvian, Lithuanian, Polish, Norwegian, Portuguese, Romanian, Russian, Serbian, Slovak, Spanish, Swedish, Thai, Turkish, Ukranian."

Dengan demikian, bahasa Indonesia merupakan bahasa ke-6 di Asia yang didukung oleh "Google Adsense For Content" setelah bahasa Arab, China, Jepang, Korea dan Thai.

Tentunya ini merupakan kegembiraan dan kebanggaan bagi para blogger dan pemilik situs berbahasa Indonesia karena kesempatan untuk mendapatkan penghasilan online tambahan dari internet semakin besar.

Semoga kita semua bisa semakin terpicu semangatnya untuk mendapatkan kesuksesan dari program Google Adsense ini.

Terima kasih Google Adsense !




Google Adsense For Content Resmi Mendukung Bahasa Indonesia
Oleh Pierre Will pada .
Google Adsense akhirnya resmi mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia sejak tanggal 1 Februari 2012
Google Adsense akhirnya resmi mendukung konten blog dan situs berbahasa Indonesia sejak tanggal 1 Februari 2012. Berita ini diumumkan di blog resmi Google Adsense, "Inside Adsense Blog", dengan judul berita "Adsense now speaks Indonesian"
Rating: 4.5
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!