26 Oktober 2018

Sentra Blogger Akhirnya Beralih ke Templat AMP

Sejak pertengahan tahun 2016, Google sudah memperkenalkan teknologi AMP (Accelerated Mobile Pages) yang memungkinkan pengguna internet untuk berselancar di dunia maya (browsing) dan mengakses konten di perangkat seluler (mobile) dengan cepat, mulus, dan nyaman.

Karena keterbatasan pengetahuan mengenai teknologi AMP ini yang pada awalnya dirasakan cukup sulit dan kurangnya templat Blogger yang mendukung teknologi AMP ini, maka Sentra Blogger masih tetap bertahan dengan templat yang valid HTML5 selama kurun waktu ini. Namun, seiring dengan perjalanan waktu, templat-templat AMP untuk platform Blogger yang ramah dalam penggunaan (user friendly) dari para master blog tanah air semakin banyak bermunculan, di antaranya dari Arlina Design dan Kompi Ajaib.

Setelah melalui beberapa percobaan penerapan templat AMP hasil pencarian di Google, akhirnya pada tanggal 26 Oktober 2018, Sentra Blogger resmi beralih ke templat AMP dengan pilihan templat AMP dari Arlina Design yang diberi nama "Infinite AMP Responsive Blogger Template". Sebagaimana yang bisa dilihat langsung penerapannya di blog Sentra Blogger ini, tentunya dengan sedikit modifikasi, seperti pada komentar Disqus. Tampilan blog terlihat sederhana dengan loading yang lebih cepat.

Karena artikel-artikel Sentra Blogger tidak memiliki gambar (thumbnail), maka proses peralihan ke templat AMP bisa dikatakan cukup mulus dan cepat. Jika artikel memiliki gambar, maka gambar pada setiap artikel tersebut harus disunting kembali supaya valid AMP, yang tentunya proses ini akan lumayan memakan waktu dan tenaga.

Jika di antara para sobat blogger yang sedang mempertimbangkan untuk beralih ke templat AMP, maka templat Infinite AMP dari Arilina Design ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan.
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!
Leave comment