2 Maret 2011

Membuat Read More

Sekarang, kita siap untuk memposting artikel untuk blog kita. Namun sebelum memulainya, ada baiknya kita membuat fasilitas Read More atau Baca Selengkapnya, dengan tujuan untuk "memotong" artikel yang akan tampil di halaman blog kita.

Selain itu, menurut saya, dengan adanya fasilitas "Read More" ini, saya bisa mengatur tampilan blog saya agar kelihatan rapi, karena kita bisa memilih di bagian mana artikel yang akan kita "potong" sesuai dengan tampilan blog yang kita kehendaki, sehingga tidak terkesan "acak-acakan" alias tidak teratur.

Cara membuat Read More atau Baca Selengkapnya, seperti biasa masuk ke bagian Design, kemudian pilih Edit HTML, centang Expand Widget Templates, kemudian cari kode berikut ini :


<div class='post-body'>
<p><data:post.body/></p>
(Tips mencari bisa memakai fungsi Ctrl + F di halaman Edit HTML tersebut)

Setelah ketemu, ganti kode tersebut dengan :
<div class='post-body'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<a expr:href='data:post.url'>Baca selengkapnya......</a>
</b:if>

Klik tombol Save Template untuk menyimpannya.

Supaya terpotong, setiap kali posting artikel, ketik <span class="fullpost"> atau <div class="fullpost"> mulai pada bagian artikel yang akan dipotong dan diakhiri dengan </span> atau </div>

Update : Cara ini sudah tidak diperlukan lagi karena Blogger sudah menyediakan langsung fitur untuk membuat "Read More" saat kita menulis artikel. Silakan baca artikelnya di sini.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!