Panduan Blogger | Dunia Blogger | Solusi Blogger

Memilih Template Blogger

Jika judul blog yang kita inginkan tersedia di Blogger, berarti kita sudah bisa mulai membuat dan mempublikasikan blog tersebut. Langkah berikutnya adalah memilih template yang kita sukai. Template blog bisa dipilih dari beragam template bawaan yang sudah disediakan Blogger. Jika ingin template yang lain, bisa mencoba dengan mencari di Google karena banyak situs yang khusus menawarkan beragam template untuk Blogger.

Seperti blog saya ini, templatenya saya dapatkan dari eblogtemplates.com. Di sana terdapat beragam pilihan template yang cocok untuk Blogger. Untuk template yang gratis, cobalah masuk ke menu Blogger, kemudian pilih kategori Most Downloaded atau Top Rated. Sedangkan untuk yang berbayar bisa dicari di kategori Premium Templates.

Template yang saya gunakan ini bernama Ads Theme, jadi bisa untuk menempatkan berbagai iklan yang mungkin bisa dipasang di blog kita. Untuk mendapatkan kode html templatenya, daftar (sign up) terlebih dahulu, baru kemudian kita bisa mendownload kode templatenya.


Kode templatenya tersebut berupa file yang sudah di-zip. Simpan file zip tersebut ke hard disk komputer kita, klik file zip tersebut dan arahkan pointer ke file yang berekstensi xml tersebut, klik kanan, pilih View File, maka filenya akan muncul di layar baru. Berikutnya copy semua isi file tersebut. Sekarang masuk ke akun Blogger kita, pilih menu Design, dan Edit HTML, centang Expand Widget Templates. Pastekan file xml yang kita copy sebelumnya ke bagian ini dengan menimpa kode template yang ada sebelumnya. Pilih Save Template, maka blog kita sudah berubah tampilannya sesuai template yang kita pakai.

Nah, langkah berikutnya adalah kita sudah bisa mulai memposting dan mempublikasikan artikel/tulisan kita. Bisa juga dengan melengkapi berbagai aksesoris blog sehingga tampilan blog kita lebih menarik.

Sangat dianjurkan untuk memilih template yang sesuai dan disukai sebelum menambahkan widget/gadget/aksesoris apa pun, karena jika mengganti template setelah penambahan berbagai widget/gadget/aksesoris tersebut, posisinya akan banyak berubah dan akan membuat tampilan blog menjadi kacau. Kalau pun masih ingin menggantinya, maka simpanlah terlebih dahulu template yang lama untuk berjaga-jaga jika ternyata ada masalah dengan template baru. Cara menyimpannya, masuk ke bagian Edit HTML, klik Download Full Template dan pilihlah lokasi di mana template tersebut akan disimpan.
0 komentar untuk "Memilih Template Blogger"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Back To Top

Iklan