27 Februari 2011

Memilih Judul Blog

Membuat blog, sebelumnya sudah harus ditentukan tema yang akan ditulis, dan tema tersebut sudah seyogianya merupakan tema yang kita sukai dan kuasai. Bagaimana mungkin kita mengembangkan sebuah blog dengan menulis sesuatu yang tidak kita kuasai dan sukai.

Berikutnya, mencari judul yang relevan dengan tema tersebut, dan yang terpenting, bahasa blog yang akan digunakan, apakah ingin menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris agar blognya bisa mendunia. Kalau ingin menggunakan bahasa Inggris, tentunya harus mempunyai pengetahuan bahasa Inggris yang memadai.

Banyak bloger-bloger Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa blognya hanya termotivasi agar bisa bergabung dengan program iklan PPC (Pay Per Click) popular, Google Adsense yang memang hanya mensyaratkan blog berbahasa Inggris untuk “Adsense Content”. Sementara untuk blog berbahasa Indonesia, sampai blog ini ditulis hanya bisa untuk mengikuti program Adsense For Search. Kita berharap tak lama lagi Google Adsense Content akan bisa diikuti oleh blog-blog berbahasa Indonesia.


Terus terang, blog saya yang pertama dan mayoritas blog saya lainnya menggunakan bahasa Inggris karena hanya termotivasi untuk mendulang dollar dari internet tanpa memperhatikan kualitas blog tersebut karena justru banyak berasal dari “copy paste” situs/blog berbahasa Inggris lainnya, karena kemampuan bahasa Inggris yang terbatas dalam menulis.

Kembali ke masalah judul blog, misalkan kita akan membuat blog tentang pendidikan, carilah kata yang relevan yang mencerminkan pendidikan, seperti pendidikan, sekolah, edukasi, ilmu, pengetahuan, dan sebagainya. Nah, karena Blogger ini penggunanya sudah berjuta-juta di seluruh dunia, pandai-pandailah dan kreatiflah dalam mencari kata tersebut.

Sangat jamak dijumpai bahwa kata yang kita inginkan untuk judul blog kita ternyata sudah dipakai, sehingga mau tidak mau kita harus mencari dan bereksperimen dengan menggabungkan beberapa kata untuk mendaftarkan blog kita. Seperti misalnya blog ini, Sentra Blogger, judulnya didapat setelah puluhan kali mencoba menggabungkan beberapa kata dan karakter, jadi lumayan menguras pikiran.

Pemilihan judul blog juga sebaiknya memperhitungkan kata yang popular digunakan, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada trafik blog kita. Jika blog kita sudah terindeks oleh Google Search, biasanya pengguna internet akan menggunakan kata-kata yang popular digunakan sehingga kemungkinan semakin besar untuk sampai ke blog kita.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!