8 Maret 2011

Custom Domain Blogger di CO.CC

Untuk melakukan custom domain di CO.CC, kunjungi situsnya di www.co.cc, kemudian daftar/buat akun baru untuk menjadi anggotanya. Atau Anda bisa mencoba dulu dengan mengetikkan alamat nama blog yang Anda inginkan untuk memeriksa ketersediaan nama tersebut, dengan mengklik Check Availability.

Disarankan agar judul blog dengan menggunakan custom domain sebisa mungkin sama dengan yang beralamat di blogspot.com, kalau pun nama yang diinginkan tidak tersedia atau berbayar, maka kreatiflah mencari nama yang paling mendekati atau relevan dengan alamat lama di blogspot.com.

Setelah sudah menemukan nama yang diinginkan dan tersedia secara gratis alias $0, maka lanjutkan ke proses berikutnya yakni "Continue to Registration" alias pendaftaran.


Jika Anda sudah memiliki akun di CO.CC, maka bisa langsung "Sign in", jika tidak, buat akun baru, ikuti petunjuk yang ada. Untuk yang gratis, maksimal domain yang bisa kita daftarkan adalah 2.

Begitu masuk ke akun, muncul pesan jika nama blog/domain baru kita telah sukses terdaftar, kemudian klik menu Set Up yang ada di bagian bawah. Setelah masuk, pilih Zone Records, isi data yang diperlukan sebagai berikut :

Untuk Host, isikan nama blog kita dengan domain baru yang sudah terdaftar di CO.CC sebelumnya, contohnya untuk blog saya Sentra Blogger ini, maka saya isikan www.sentrablogger.co.cc

TTL, biarkan tetap pada pilihan 1D

Type, pilih CNAME

Value, isikan dengan : ghs.google.com

Klik Set Up, maka selesai sudah custom domain blog kita di CO.CC. Tapi sebelum kita bisa mulai mengakses blog kita dengan alamat baru berakhiran CO.CC tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan Setting alias Pengaturan di Dashboard Blogger kita. Jadi sekarang masuk ke akun Blogger kita, pilih menu Settings, pilih lagi Publishing, klik Custom Domain, kemudian pilih "Switch to advanced settings", isikan nama domain kita yang baru di CO.CC di bagian kotak isian http://, jadi sebagian contoh blog Sentra Blogger ini, saya isikan www.sentrablogger.co.cc di kotak http:// tersebut. Kemudian isikan kata yang muncul di bagian bawahnya untuk Word Verification, klik Save Settings, maka custom domain selesai.

Sekarang cobalah untuk mengakses blog kita dengan mengetikkan alamat blog yang baru berakhiran co.cc. Dari pengalaman saya, biasanya bisa langsung diakses, atau kalau mengikuti petunjuk dari CO.CC, butuh sampai 48 jam baru bisa diakses.

Selamat mencoba...
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!