2 Februari 2014

Agar Iklan Adsense Muncul Di Tampilan Mobile Blogger

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, jumlah pengguna ponsel dewasa ini semakin hari terus menunjukkan tren peningkatan yang sangat signifikan. Ponsel sekarang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi konvensional, tetapi juga digunakan sebagai media untuk mengakses internet terutama untuk keperluan online di berbagai aplikasi jejaring sosial, chatting online, mencari informasi di internet, games, dan sebagainya.

Salah satu faktor perangkat mobile menjadi media online favorit adalah kemudahan dan kepraktisan untuk mengakses internet dari ponsel. Berbagai tipe dan merk ponsel dengan fitur bagus dan menarik tersedia di pasaran dengan harga yang semakin terjangkau. Hal ini juga didukung oleh berbagai jenis paket internet yang ditawarkan oleh operator telekomunikasi seluler. Operator telekomunikasi seluler berlomba-lomba menawarkan paket internet dengan tarif yang menarik, sehingga masyarakat memiliki berbagai alternatif pilihan yang dianggap terbaik.

Melihat trend akses internet mobile yang terus meningkat, sejak lama Google Adsense juga sudah tersedia untuk versi mobilenya atau konten seluler. Bagi para sobat blogger yang sudah diterima sebagai publisher Google Adsense yang memakai blogger/blogspot untuk publikasi blognya, otomatis juga bisa menayangkan iklan Adsense (iklan Adsense untuk Konten Seluler) di blognya dalam versi tampilan mobile, tanpa perlu menyisipkan kode-kode khusus untuk Adsense Mobile ini.

Caranya sebenarnya sangat mudah. Langkah pertama setelah login ke Blogger, masuk ke Template blog, kemudian di bagian Mobile (kotak kecil sebelah kanan), klik tanda "Setting" di bagian bawahnya, kemudian centang pilihan "Yes. Show mobile template on mobile devices". Langkah kedua, sobat blogger cukup mengaktifkan/mencentang fitur "Show Ads Between Posts" (iklan Adsense di antara postingan artikel) di layout Bloggernya.

Jika fitur ini sudah aktif, maka pada tampilan blog versi mobile akan terlihat tampilan 2 unit Adsense Mobile, satu buah muncul di bagian atas dengan format "Spanduk Utama Seluler" berukuran 320x50 dan satu lagi berformat "Kotak Persegi" berukuran 250x250 di bagian bawah blog, atau disesuaikan dengan perangkat mobile masing-masing. Jika fitur "Show Ads Between Posts" sudah aktif, silakan sobat blogger akses blognya langsung melalui perangkat mobile untuk melihat tayangan Adsense Mobile. Adsense mobile juga bisa dilihat sekilas di bagian Template, pada tampilan kotak kecil Mobile di sebelah kanan.

Alternatif lain untuk melihat tayangan Adsense versi mobile di komputer adalah dengan menambahkan kode "/?m=1" setelah "blogspot.com" seperti contoh "http://namablog.blogspot.com/?m=1"

Cara di atas hanya berlaku untuk tayangan Adsense di tampilan mobile blog melalui mobile browser selain Opera Mini, artinya jika diakses melalui browser Opera Mini di perangkat mobile, iklan Adsense tersebut tidak akan muncul.
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!
Leave comment