3 Maret 2014

Keanehan Ranking Alexa

Coba sobat blogger lihat gambar di bawah yang menunjukkan ranking Alexa dan statistik jumlah pengunjung berikut jumlah halaman harian dari dua blog yang berbeda. Dari gambar tersebut jelas terlihat statistik trafik blog sebelah kiri jauh lebih banyak dari statistik blog sebelah kanan yakni 106 berbanding 12.

Tetapi ada satu keanehan yang terjadi, meskipun statistik trafik blog sebelah kiri jauh lebih baik dibandingkan blog sebelah kanan, ranking Alexa sebelah kiri lebih besar (buruk) dibandingkan blog sebelah kanan yakni 665.651 berbanding 592.121 untuk hari yang sama.



Secara logika, ranking Alexa untuk blog sebelah kiri seharusnya lebih bagus (lebih kecil) daripada blog sebelah kanan karena trafik pengunjungnya lebih baik daripada blog sebelah kanan. Bukankah ranking Alexa seharusnya berbanding lurus dengan trafik kunjungan suatu blog atau situs, artinya jika trafik kunjungan suatu blog/situs semakin banyak, maka ranking Alexa-nya juga semakin bagus (rankingnya semakin kecil).

Jadi ada faktor lain yang juga mempengaruhi ranking Alexa sebuah blog/situs selain trafik kunjungan. Faktor "tool bar" Alexa bisa diabaikan karena kedua blog tersebut dibuka di komputer yang sama, yang sudah dipasang "tool bar" Alexa ini. Mungkin sobat blogger bisa "sharing" memberikan pencerahan terkait keanehan ranking Alexa ini.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!