5 Maret 2011

Mempromosikan Blog

Setelah blog kita mulai terisi artikel-artikel, maka kita sudah bisa mulai mempromosikan blog kita. Ya, tujuan kita membuat blog salah satunya adalah agar artikel-artikel yang ada di blog kita bisa dibaca oleh banyak orang, agar blog kita ramai dikunjungi, karena trafik merupakan urat nadi kehidupan sebuah blog.

Tanpa trafik, sebuah blog akan mati. Dan tentunya dengan adanya trafik yang cukup, maka kita bisa menjadikan blog kita sebagai sarana untuk mendulang duit di internet (istilahnya "monetized"), dengan mengikuti berbagai program yang menghasilkan duit online, seperti program iklan online.

Tapi itu semua jelas butuh waktu dan kesabaran. Nah, sebelum kita mulai mempromosikan blog kita di antaranya yang paling wajib adalah mendaftar ke berbagai mesin pencari (search engine) utama seperti Google, Yahoo, dan Bing.


Jika kita berniat untuk melakukan custom domain menggunakan CO.CC, maka lakukanlah custom domain tersebut sebelum mendaftar ke mesin pencari, agar blog kita yang muncul di mesin pencari sudah menggunakan alamat di CO.CC dan bukan blogspot.com lagi.

Selain itu, mempromosikan blog bisa juga berupa saling bertukar link dengan blog dan situs yang lain. Saling bertukar link lebih dimaksudkan agar PageRank blog kita bisa naik.

Kita melakukan custom domain tujuannya agar alamat blog kita yang semula berakhiran blogspot.com bisa dipersingkat menjadi berakhiran co.cc. Sebagai contoh, blog saya Sentra Blogger ini sudah menggunakan custom domain di CO.CC sebelum saya mendaftar ke berbagai mesin pencari.

Cara untuk melakukan custom domain di CO.CC bisa membaca artikel saya berikutnya.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!