12 Desember 2012

PPC IdBlogNetwork Jarang Terjadi Klik, Kenapa ?

Rekan blogger pasti merasa senang dan bangga bisa diterima menjadi publisher jaringan iklan premium IdBlogNetwork. Salah satu jenis iklan popular yang ditawarkan IdBlogNetwork adalah Pay Per Click (PPC), dengan harga per klik yang cukup tinggi yakni berkisar antara Rp.1000,- sampai dengan Rp.2500,-.

Setelah menerbitkan iklan PPC IdBlogNetwork di masing-masing blog blogger, ternyata muncul pertanyaan, kenapa iklan PPC IdBlogNetwork yang dipasang tersebut jarang sekali terjadi klik padahal trafik blog cukup tinggi ?

Hal ini dirasakan setelah beberapa bulan menjadi publisher IdBlogNetwork. Awalnya klik iklan yang terjadi lumayan banyak dengan posisi iklan yang strategis dan trafik blog yang cukup tinggi.

Tetapi lama kelamaan, walaupun dengan posisi iklan yang sama dan trafik blog yang juga tidak terlalu jauh berbeda, klik iklan PPC IdBlogNetwork yang terjadi semakin sedikit. Sementara klik iklan yang terjadi pada Google Adsense masih relatif stabil, yang jelas tiap hari pasti terjadi klik dalam jumlah yang cukup signifikan.

Tidak diketahui secara pasti faktor penyebabnya, tetapi saya menduga bahwa hal ini dikarenakan klik iklan PPC yang diakui dan dihitung oleh IdBlogNetwork adalah klik yang berasal dari IP komputer yang berbeda. Jadi misalkan suatu komputer yang sama melakukan beberapa klik pada iklan PPC IdBlogNetwork pada hari yang berbeda, maka hanya klik yang pertama sekali yang akan diakui alias dihitung, sedangkan klik-klik berikutnya kemungkinan sudah tidak diakui sehingga tidak masuk perhitungan.

Sistem kriteria pengakuan dan perhitungan klik iklan PPC seperti ini juga diterapkan oleh KumpulBlogger dan AdsenseCamp. Sementara pada Google Adsense dan KlikSaya, jika dari IP komputer yang sama terjadi beberapa klik pada iklan yang berbeda dalam hari yang sama atau berbeda, maka semua klik itu tetap akan diakui selama dalam batas kewajaran.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!