3 September 2017

Cara Pasang Tombol Share WhatsApp di Blogger

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan multimedia lintas platform untuk ponsel pintar yang memungkinkan penggunanya bertukar pesan, suara, dan video melalui koneksi data internet. Bahkan WhatsApp bisa diakses di komputer atau laptop melalui fitur "WhatsApp Web" atau "WhatsApp berbasis situs web untuk komputer". WhatsApp merupakan aplikasi yang paling populer di Indonesia dan secara global digunakan lebih dari 1 miliar pengguna setiap bulannya.

Dengan kepopuleran dan jumlah penggunanya yang demikian besar, maka jelas WhatsApp merupakan salah satu media yang wajib dimanfaatkan oleh para blogger sebagai media untuk berbagi konten blognya sehingga konten di blog bisa dibagikan oleh pembaca artikel kepada pengguna WhatsApp lainnya dengan mudah. Artikel menarik yang telah dibagikan tersebut akan mengundang pengguna WhatsApp untuk mengunjungi blog sehingga bisa meningkatkan trafik kunjungan blog via perangkat seluler atau "mobile".

Berikut langkah-langkah cara memasang "Share WhatsApp" di Blogger untuk berbagi konten artikel blog via WhatsApp. Tombol ini hanya muncul saat blog dibuka di perangkat seluler ponsel pintar (smartphone).
1. Login ke akun blogger Anda.
2. Pilih opsi Edit template HTML
3. Lalu cari kode </body> (untuk memudahkan pencarian, tekan tombol Ctrl + F bersamaan pada keybord Anda), kemudian salin kode berikut di atasnya.
<script type='text/javascript'>if(typeof wabtn4fg===&quot;undefined&quot;){wabtn4fg=1;h=document.head||document.getElementsByTagName(&quot;head&quot;)[0],s=document.createElement(&quot;script&quot;);s.type=&quot;text/javascript&quot;;s.src=&quot;https://cdn.jsdelivr.net/whatsapp-sharing/1.3.4/whatsapp-button.js&quot;;h.appendChild(s);}</script>

4. Pilih salah satu opsi ukuran tombol "Share WhatsApp" berikut ini, dan letakkan di bagian kelompok media sosial berbagi konten blog yang sudah ada seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Pinterest, dan media sosial lainnya.
<a class="wa_btn wa_btn_s" expr:data-href="data:post.url" expr:data-text="data:post.title" href="whatsapp://send" style="display: none;">Share</a>

Huruf "s" yang berwarna hitam tebal di atas untuk ukuran tombol "share WhatsApp" yang kecil ("small"), untuk ukuran sedang atau medium bisa diganti dengan huruf "m" (medium), dan untuk ukutan besar atau lebar bisa diganti dengan huruf "l" ("large").
5. Simpan template dan cek hasilnya melalui perangkat seluler ''smartphone''.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!