23 Februari 2019

Tunda Migrasi TCash ke LinkAja, LinkAja Hilang dari PlayStore

Sejak tanggal 1 Februari 2019, TCash Telkomsel sudah mengirimkan pesan singkat SMS yang menginformasikan perubahan TCash menjadi LinkAja mulai 21 Februari 2019. Pesan singkat mengenai perubahan ini kembali dikirmkan tanggal 20 Februari 2019, namun dengan perbedaan informasi di tanggalnya, yakni "Install aplikasi LinkAja di HP kamu mulai tanggal 22 Februari 2019." Kemudian diingatkan kembali pada tanggal 21 Februari 2019 dengan pesan singkat "Besok TCash menjadi LinkAja. Semua layanan TCash masih bisa dipakai di LinkAja. Transaksi pertama akan jadi persetujuan kamu sebagai pengguna LinkAja."

Semua pengguna TCash Telkomsel pastinya juga menerima pesan-pesan singkat tersebut dan tentunya dengan rasa penasaran ingin segera mencoba aplikasi baru tersebut yang dikatakan merupakan gabungan dari aplikasi uang elektronik alias pembayaran digital dari bank-bank BUMN (HIMBARA), di antaranya TBank dan MyQR milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), e-cash dari PT Bank Mandiri Tbk, serta yap! dan UnikQu dari PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI).

Hari Jumat tanggal 22 Februari 2019 seperti yang diberitahukan dalam pesan singkat sebelumnya, TCash mulai bisa diperbarui menjadi LinkAja. Dari pengalaman pribadi, awalnya setelah pembaruan TCash menjadi LinkAja, bisa langsung muncul tampilan barunya lengkap dengan saldo dengan jumlah yang sama di TCash sebelumnya. Namun, kendala mulai muncul ketika melakukan verifikasi melalui OTP ("one time password") melalui SMS. Kode yang dimasukkan berkali-kali tidak memperoleh respons dan verifikasi menjadi gagal. Sampai sore hari, kendala verifikasi melalui OTP masih belum teratasi, artinya LinkAja tidak bisa dipergunakan.

Kendala ini memicu "banjir" komentar melalui "review" atau ulasan aplikasi LinkAja di Google PlayStore. Mayoritas komentar yang masuk mengutarakan kekecewaannya terhadap migrasi TCash menjadi LinkAja yang gagal pada hari pertama tersebut, dan umumnya memberikan rating 1 untuk aplikasi LinkAja. Alhasil, rating LinkAja, yang merupakan jelmaan dari TCash, anjlok dari sebelumnya 4,3 menjadi 4,2 di Google PlayStore hanya dalam hitungan jam.

Setelah dicoba kembali pada pukul sekitar 20.00 WIB, akhirnya kode verifikasi OTP dari LinkAja sukses diveritikasi dan bisa masuk ke dalam aplikasi LinkAja dengan lancar.

Ternyata setelah cek ke beberapa sumber berita di internet, diperoleh informasi bahwa karena kendala teknis, TCash menunda migrasi aplikasinya menjadi LinkAja, hingga awal pekan depan. Sementara bagi selain pengguna TCash, aplikasi LinkAja baru bisa diunduh pada 1 Maret 2019. Akibatnya aplikasi LinkAja hilang dari Google PlayStore sejak 23 Februari 2019. Jadi harap bersabar bagi semua yang ingin mencicipi TCash rasa baru di aplikasi LinkAja ini.
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!